Sunday 6 March 2011

Service Tachometer Toyota Starlet

Syahdan,

memiliki mobil langsiran tua memang mau tidak mau kita akan dihadapkan dengan problem yg sangat mendasar hingga problem kecil "printhilan" yg lumayan banyak. ada beberapa teman yg menyikapi pebagai hal tersebut dengan "menyerah" atau tidak sedikit dengan mengabaikannya. Pada kasus Tachometer toyota starlet,diantara yg beredar diNusantara ini rasanya hanya sedikit yg masih berfungsi dan kalau dipersempit lagi dari yang sedikit berfungsi tersebut hanya sedikit lagi yang berfungsi dengan baik dan normal, fenomena ini wajar karena memang usia peralatan yg sudah melewati batas waktu operasi.
Celakanya pada awal-awal aku  menganggap Tachometer starlet saya masih"normal" karena ketika gas dibejek jarum rpm masih bisa menunjuk angka tertentu.
DAN TERNYATA SAYA SALAH !!!!!......dan beruntunglah bagi starleter yg tachometernya masih bekerja normal dan berharaplah beberapa tahun kedepan masih tetap OK dan prima.

kondisi tachometer yg setengah normal dan meminjam istilah teman Starleter jatim adalah "lamah syahwat/impoten" diataranya :
 - jarum rpm bergoyang/bergetar
 - Jarum Rpm lompat-lompat (jumping) kadang tidak selaras dengan bejekan gas
 - jarum Rpm cuman maksimal dibawah 4000rpm
 - jarum Rpm cuman bergerak sedikit saja ketika kontak on dan selebihnya bengong.
dan masih banyak lagi gejala lemah syahwat lainnya.

khusus pada starlet saya ketika top speed gigi 5 pada 140km/jam rpm menunjukkan 3500rpm dari 8000rpm full scale.
hebat kan..?......saya tidak bisa membayangkan berapa kecepatam starlet saya jika rpm pada angka 7000rpm,bisa-bisa kalah tuh ford mustang  he..he....he

Dengan keadaan seperti diatas saya tidak mau "menyerah". banyak mobil lain seumuran mobil ini yg saya lihat pemiliknya menyerah dengan berkata "kalo mobil seumuran ini sih mah biasa tachometer dan speedometernya pada rusak". Tentunya saya kurang sependapat ,bagi saya jangankan speedometer kisi-kisi AC saja kalo bisa  masih berfungsi dengan baik .entah bagaimana caranya.
saya rasa tidak berlebihan jika saya merasa punya beban denganmembiarkan starlet saya ini ada sedikit yg bermasalah mengingat pemilik sebelumnya dengan susah payah merawat mobil ini dengan baik sehingga sampai ketangan saya dalam kondisi cat yg masih bagus dan perangkat lainnya masih orisinil.

berbagai informasi saya kumpulkan dari beberapa kawan dan para mekanik unt menyelesaikan masalah tacho ini. hampir semua menyarankan saya untuk "menyerah" saja dan mengganti tachometer tsb dengan after market karena speedometer yg rusak itu tidak dapat diperbaiki.

Akhirnya saya memutuskan unt berdiskusi dengan kawan saat kuliah dulu mengenai masalah tachometer ini. ternyata penyelesainnya sangat simple sekali  karena prinsip kerja Tachometer tersebut adalah mengubah Frequency menjadi medan listrik. betapa bodohnya aku ini........kemana saja dulu saya waktu kuliah kok sampai bagian dari mata kuliah  OP-AMP ada yg kelewatan.

keesokannya saya langsung mempersiapkan peralatan ludruk  dengan sebelumnya mempersiapkan juga contact number tukang gulung spul/dinamo unt jaga-jaga apabila ada kerusakan pada spul tacho jika ternyata rusak/terbakar.
 pada akhirnya Pembedahan pun dilakukan dengan lancar dan saya menemukan penyakit yg sebenarnya dibagian yg gampang dan jauh dari perkiraan sebelumnya yg membayangkan bakal banyak masalah.

Berikut cara memperbaiki tachometer starlet:

 1.Bongkar speedo meter assy starlet dari dashboard. sengaja saya tidak membahas cara bongkar speedometer starlet ini karena bannyak cara yg bisa dipakai .salah satunya tutorial dari Om Tarno distarlet 2e blogspot.

2. setelah dipretelin sampai gambar 12,cabut jarum tacho menggunakan jari saja dan usahakan jg pakai obeng yg nantinya akan dapat merusaknya dan buka 2 buah baut hitam disamping jarumnya hingga terpisah modul electronic dengan lembaran penunjuknya.

3. Ganti 2 buah Elco yg ditunjukkan gambar diatas dari 10uF/16V dengan 10uF/50V atau 10uF/63V

4. Solder ulang semua PCB tersebut dengan timah baru. hal ini bertujuan unt meperbaiki koneksi komponen dengan PCB  dan kita tahu semua umur dari peralatan ini sudah diatas 15 tahun semua dan mungkin ada yg diatas 20 tahun dan tentunya butuh penyegaran.

5. Pasang kembali modul eletronic Tacho keposisi semula (tanpa jarum terpasang) dan rakit Speedo meter Assy tersebut akan tetapi kaca pelindungnya dipasang belakangan setelah proses kalibrasi.

6. Proses Kalibrasi......penting !!!! penting.!!!!
 - pasang kabel speedometer yg tanpa jarum terpasang dan tanpa mika penutup
 - coba amati ketika kontak ON (jangan distart) maka akan terlihat spul/rotor tacho akan bergerak sedikit.


-ketika pergerakan terhenti inilah saat yg tepat unt memasang jarum tacho karena posisi jarum benar-benar dalam posisi nol Rpm absolut.

7. Selanjutnya Nyalakan Mesin unt pengetesan

Viola....RPM sudah beranjak menuju Redline.......dari yg sebelumnya maksimal di 3500rpm.

8.Pasang kembali mika penutup speedo meter dan kemudian pasang kembali Speedometer Assy ke dashboard.

Akhirnya Tachometer saya yg menurut teman starleter jatim terjangkit penyakit lemah syahwat/Impoten sudah bisa kembali lagi sperti semula berkat "ON Clinic".........Rahasia Pasien terjamin ha3X

S E L E S A I.

(salam ayah hebat unt anda semua yang mau hebat)

104 comments:

  1. makasih tipnya .....bisa dicoba neh untuk starlet yang rpmnya loyo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas tips nya ayah hebat. saya coba di tachometer Taft GT
      Berhasil

      Delete
  2. makasih banyak tips nya boss....
    starlet ku juga jarum tacho nya malas juga naiknya...

    ReplyDelete
  3. semoga kalau sudah sembuh makin sayang sama starletnya

    ReplyDelete
  4. kalo amper panas+minyak gmana bro

    ReplyDelete
  5. Om tanya dikit nih, rpm saya alhamd sebelumnya masih normal2 aja, tapi pas "kecelakaan" timing bely putus, trpaksa ke bengkel dan bongkar blok atas ( yag berhubungan ma piston), namun setelah selesai dan jalan jauh denpasar jakarta, rpm nya pada saat mesin nyala (posisi idle) mandek nggak mau jalan, tapi kalo pas gas diinjek baru bisa jalan, kira2 masalahnya apa yaaa?

    ReplyDelete
  6. mas Zarkasyi, itu permasalahannya hampirsama dg kepunyaan saya. coba dipakai cara diatas.

    ReplyDelete
  7. Trima kasih mas, langsung bongkar neh,mudah2an berhasil...tks

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah. Setelah mengeluarkan dana rp.1000 untuk 3 buah elco.sekarang RPM nya kembali perkasa, sebelumnya sudah pernah tanya ke teknisi dengan harga service 400 rb,terima kasih sekali atas ilmunya, semoga Allah membalasnya.amien

    ReplyDelete
  9. memang SUPER..... setelah berpeluh keringat akhirny terlepas juga itu speedo assy. dan saran yg diberikan kuikuti. wooalaaa ereksi juga itu tacho. berbekel solder + timah, elco 10u/100volt. tnx bos.

    ReplyDelete
  10. mas bro... kalo untuk ford laser sama ga... susunan elco nya? spt punya starlet. karena ford saya RPM nya mau naik sebentar saat kontak ON.tks pencerahanya. bls PM ya... ori_recipe@yahoo.com

    ReplyDelete
  11. sebenarya prisnsip sama semua tachometer yg membedakan adalah chipsetnya saja. coba saja bongkar tacho laser anda dan ganti semua kapasitor yg ada terutama elco yg difungsikan sebagai compensator.

    salam oprek

    ReplyDelete
  12. Pak mau nanya, kalo dari tachometer kabel pengukurannya itu nyolok ke mana? saya udah ganti kapasitor tapi gak ngefek, takutnya ada kabel yg lepas. terima kasih

    ReplyDelete
  13. tanya sana-sini bengkel angkat tangan semua, akhirnya ane buka internet search via mbah google eh ketemu dg blog agan, stelah ane baca&praktekan ane cm kluarin biaya Rp.1000 rpm starlet ane sembuh, mantaaaaap..... makasi banyak mas bro!!!

    ReplyDelete
  14. gan Indikator Bensin mobil ane gk normal, kl di isi bensin setengah/kurang dari setengah(tidak penuh) jarum indikatornya berfungsi tp kl di isi penuh jarum indikatornya malah di posisi bawah/sama skali gk jalan, knp ya gan??

    ReplyDelete
  15. thanks kenapa mas ?,saya yg berterima kasih karena telah mengunjungi blog saya

    ReplyDelete
  16. trims ayah-hebat atas ilmunya,sukses selalu.......

    ReplyDelete
  17. boleh saya share di blog saya juga mas?
    kebetulan saya lagi bikin kumpulan tips DIY di blog saya

    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo selama etika penulisan dijalankan saya mengijinkan untuk dishare.

      Delete
  18. pak kl tachometer toyota kijang grand extra 94?cara memperbaikinya gmn ya?kebetulan rpm dan amper nya g berfungsi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasusnya kalau sperti ini biasanya hanya kabel/socket dibelakang modul spedometer yg kurang kencang.

      Delete
  19. kalo cara memperbaiki jam digital starlet gmana yah????

    ReplyDelete
  20. emang luar biasa ayah ini.....barusan sudah saya coba di starlet ane dengan dana Rp1000 dapet 2 buah elco 10uF/50V beli di toko elektro suling gresik ... akhirnya speedo nya kembali perkasa ...hehhehehehe besok mau coba ide ayah juga yg ganti doorlock Assy depan kanan yg klo mau nutup bikin orang sekampung pada kaget semua...malahan sudah memakan korban jari ane yah...kejepiiiitttttt,,,,,, doakan berhasil juga yah ya......

    skalilagi trims ayah


    ReplyDelete
    Replies
    1. senang bisa berbagi.
      semoga semakin sayang sama starletnya.

      Delete
    2. Allhamdulikah,,berkat ayah hebat,,pintu/doooorrlok saya kembali enak di buka dan ttup nya ,,stlh saya baca blong,,saya baru saja kelar ganti dorlok saya pake kijang kf 40,,

      Delete
  21. klo kijang grand bisa gx y bro...??? cz' jarum rpm-nya lompat2 bro...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. dugaan saya hampir sama,karena sama merk dan silindernya.dicoba saja silahkan dishare disini supaya bisa kita bahas bersama.

      Delete
  22. Mantap Postingnya ... Terima kasih.. Mudahan-mudahan sama untuk corolla se saloon 1987

    ReplyDelete
  23. Jalur Kabel sensor RPM tu dimana sih...?? mobil ane Lancer sl.. RPM nya mati... mungkin kabelnya putus... :(

    ReplyDelete
  24. wah berguna banget nih, kebetulan rpm starlet sy juga modar.
    kalau boleh tau, kenapa elconya diganti dgn volt lbh besar? apakah kalau saya ganti dengan elco yang standar (16v) tidak bisa?
    apakah tidak ada efek kalau voltnya lbh besar? panas, korsleting dsb?
    trima kasih sblmnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg saya khawatirkan adalah beredarnya Elco dinegara kita kebanyakan under spec kecuali dapat merk elco yg benar2 asli semacam Nicichon,Elna,Panasonic baru bisa pake yg 16v.
      sebagai antisipasi maka saya menyarankan pakai diatas 25Volt sampai 60Volt. range tegangan kerja tersebut tidak berpengaruh terhadap fungsinya kecualai anda mengubah nilai kapasitannya

      Delete
  25. Saya sudah ganti 2 buah elco seperti petunjuk diatas dgn nilai 10uf16v setelah saya solder dan saya pasang kembali saya coba nyalakan kontak ON memang bergerak tetapi mesin dinyalakan saya coba gas hanya diam sperti posisi gerak awal. Tidak bisa berputar sesuai gas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinannya kabel input Tacho tidak connect/putus ke negatif coil.
      karena inputan signal tacho itu berasal dari kutub negatif coil mobil. lebih mudah jika starletnya masih pake coil luar (botol)

      Delete
    2. Mohon petunjuk kenapa jarum rpm daihatsu classy sy mutarnya ke kiri tidak ke kanan setelah sy ganti dg elco 10u/25V dan 1000uF /25V. Terimakasih

      Delete
    3. mohon maaf saya belum pernah menangani punya Classy, tapi sebelum diganti elco apakah putarannya kekanan?.
      pastikan pergantian elco sesuai kapasitanya dan kualitasnya bagus, yg boleh dinaikkan adalah batas tegangannnya. misalkan elco 100uf/25v hanya bisa diganti dengan 100uf tetapi voltagenya bisa diatasnya misal 100uf/35v,100uf/50v,100uf/63v .
      Pastikan juga memasanga elconya tidak terbalik karena elco memiliki kutub positif dan negatif. atau bisa juga putaran menjadi terbalik itu karena pemasangan servo motornya terbalik juga.
      -----semoga membantu

      Delete
  26. Maaf yah ikut nimbrung...rpm inova saya ngaco yah...awalnya rpm ngedrop tapi kadang juga berfungsi normal tapi sekarang rpm nya kadang" ngaco.kadang rpm nya berada di 1000 terus trurn sampe di 500-200 bahkan sampe berada di nol.sedangkan kondisi mesin normal" saja mobil biasa dipake kerja harian.kira" masalahnya dimana ya.mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  27. Mantap, rpn statlet jadi ngejos lagi...

    ReplyDelete
  28. Mantap...sy udah praktekin dan berhasil...thanx om tipsnya...

    ReplyDelete
  29. Kalo inova mungkin udh model digital ya bos biasanya sepulnya yg rusak

    ReplyDelete
  30. Wah info nya bagus, kebetulan rpm sidekick 2000 saya loyo. Cuma sayang nya saya gak paham solder menyolder. Mungkin saya copot aja bawa ke tukang service elektronik untuk ganti komponennya. Mudah2an solve. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo silahkan diekseskusi,jika berhasil bisa dishare disini unt menambah wawasan

      Delete
  31. Mas punya ak kasus nya mati...rpm nya gerak dikit pas d posisi on...pas d star malah bengong... Apa itu krn elco nya juga...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagian besar yg berhasil masalahnya persis sama dengan panjenengan.
      dilarang takut unt mencoba !!!!
      umpan baliknya ditunggu jika sudah berhasil

      Delete
  32. Alhamdulillah,masalah selesai. Cuma modal nekat & Rp. 2.500,- speedo + tachometer GRECO beres. Itung2 hemat 2x Rp. 250.000,- hehehe. Mantab infonya. Terima kasih om tips nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nice brother,syukurlah kalau dapat membantu permasalahannya.

      Delete
    2. Nice brother,syukurlah kalau dapat membantu permasalahannya.

      Delete
  33. Klo saya pake all new corolla...coba d ganti pake tachometer yg lain...sama bengong...apa dr output igniter cdi nya om?

    ReplyDelete
  34. Klo untuk temperatur panas starkap ga fungsi gimana cara mengatasinya...
    Mohon infonya...makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  35. Bookmark dulu...
    Punyak saya juga kaluarnya sama...

    ReplyDelete
  36. Oke banget tips nya akan saya coba di starlet saya yg Mati Tacho meter nya trims yah atas tips nya

    ReplyDelete
  37. mhn pencerahan Om Andri, jarum penunjuk BBM sy akhir2 ini jadi ikutan ngaco, mungkin bisa ada solusi sejenis yang bisa di aplikasikan buat starlet sy?terimakasih

    ReplyDelete
  38. INFO YG bagus , tadinya saya tanya teman kmungkin di IC nya , mudah mudah han bs ereksi lagi , (Ford laser Gala 91).
    tinggal cari waktu utk eksekusi .
    trims info nya ' Ayah Hebat' , nanti saya share lagi klo sdh berhasil.

    ReplyDelete
  39. Nice info pak!
    Sekalian sy mw tanya,pernah mengalamiindikator Temperatur ngaco g y?!soalnya starlet sy indikator temp ny ngaco,pernah baca d forum ktnya ad bagian dlm speedometer yang resistor nya harus di ganti

    ReplyDelete
  40. Mohon pencerahanya om,saya sudah ikuti langkah2 tuk ganti elco ada yg meletus tsb pada tachometer kijang kapsul thn97.dari keadaan mati dah bisa berfungsi lagi.tapi permasalahanya sekarang,saat kunci on jarumnya naik dikit trus beberapa detik naik lagi ke arah 3000,dan gerak jarum lambat naik turunya.kira2 dibagian mana letak yg belum di eksekusi lagi yar normal kembali om,Terimakasi

    ReplyDelete
  41. Mohon pencerahanya om,saya sudah ikuti langkah2 tuk ganti elco ada yg meletus tsb pada tachometer kijang kapsul thn97.dari keadaan mati dah bisa berfungsi lagi.tapi permasalahanya sekarang,saat kunci on jarumnya naik dikit trus beberapa detik naik lagi ke arah 3000,dan gerak jarum lambat naik turunya.kira2 dibagian mana letak yg belum di eksekusi lagi yar normal kembali om,Terimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi nilai elco tdk sesuai dg peruntukannya atau blm solder ulang semua komponennya. saya sarankan zemua elco babat habis ganti baru

      Delete
  42. alhamdulilah rpm saya kembali normal jaya , ngoprek sendiri beli kapasitor 3 biji habis 2 rb perak . trims bpk ayahhebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut senang bisa membantu.
      semoga tambah sayang sama starletnya.
      salam EP Dari starleter jatim

      Delete
  43. malam om, mau tanya kalau kasusnya speedonya getar" dan naik turun (tidak presisi) apa yang bisa diubah yah om? thx. tacho sudah mati. annti mau coba tips agan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speedometer biasanya dari kabel sepeda sama gigi susu digearboxnya

      Delete
  44. untuk greco bisa pakek metode ini tidak ya? coz sama2 toyota modulnya mirip sekeilas, dan kapsitor bawaanya sama 10micro farad 25v....mohon pencerahanya sesama toyata...:D

    ReplyDelete
  45. Scroll keatas mas,sudah ada yg sukses pada Greco

    ReplyDelete
  46. Mohon pencerahannya mas, rpm espass saya juga ngambek naik, lari diatas 80kpj aza cuma mentok 1000rpm.. kalo kondisi diam mesin hidup di gas2 cuma naik sedikit, apakah penggantian elco nya bisa sama spt yg mas jelaskan? Adakah kemungkinan dr kumparannya yg rusak? Thanks

    ReplyDelete
  47. Mohon pencerahannya mas, rpm espass saya juga ngambek naik, lari diatas 80kpj aza cuma mentok 1000rpm.. kalo kondisi diam mesin hidup di gas2 cuma naik sedikit, apakah penggantian elco nya bisa sama spt yg mas jelaskan? Adakah kemungkinan dr kumparannya yg rusak? Thanks

    ReplyDelete
  48. Mas andri,tolong bantuannya,sy py mobil daihatsu classy gan,sebelumnya mati pet,terus sy bonkar sesuai prosedur yg sya download dari daihatsu charade club
    Indonesia,terakhir tulusanya suruh nyolder ic nya,proses hampir sama kaya agan andri punya,tapi sy gak tau tuh cara nyolder,sy cuman pegang pegang sama kencengin aja gan andri,saya pasang lagi,bisa!!!,tapi saat uji jalan
    Bisanya setelah berapa lama 5-10 menit baru nyala,pas juga,mau tanya gan,gimana caranya nyoldernya ya...

    ReplyDelete
  49. Mau tanya mas andri, klo untuk speedometer pasang jarum nya jg perlu proses kalibrasi spt rpm..?
    Saya habis bongkar2 jg setelah di pasang speedo mengarah ke 80km/jm terus 😂

    ReplyDelete
  50. mau tanya mas saya punya mobil corona absolute 95 rpm sama temperatur nya mati, apakah bsa dilakukan seperti cara mas?

    ReplyDelete
  51. Saya baru pegang starlet th 90 baru 1 bulan dan indikator suhunya ngga jalan ,kalo boleh tau letak temperature sender unitnya di sebelahmana ya pak ? Atau barangkali ada tipsnya untuk memperbaiki indikator suhunya.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Switch temperaturnya / kabelnya ad yg putus. Letaknya dibawah selang radiator atas

      Delete
  52. Trimakasih infonya ayah benar2 manjur dan rpm starlet sy jadi hidup kembali.saya mau nanya kalau lamsam jarum rpm nya menunjuk angka brapa? Punya saya di angka satu lewat dikit.maaf saya pemula.trimakasih

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. KALO UNTUK VIATARA 93 APAKAH SAMA JUGA Y CARANYA ??

    ReplyDelete
  56. Untuk mobil injeksi apakah proses kerjanya sama. Bila jarumnya kadang gerak tp kembali ke no pelan2 saat lamsam. Inputnya di ambil dr mn untuk rmp nya

    ReplyDelete
  57. mas mau tanya untuk cek arus atau tegangan dari negatif coil caranya bagaimana? apakah bisa di cek dengan multimeter? karena saya sudah ganti elco jarum saat kontak on naik sedikit. jika di gas jarum gak gerak naik.

    ReplyDelete
  58. Terima kasih info dan ilmu nya, saya praktek kan di futura saya alhamdulilah rpm nya kembali normal,sebelumnya udah cari2 dari mulai coil, delco hingga CDI, sampai akhirnya nyerah mau ganti aja yang baru, untung keburu liat blog ini..1x lagi terima kasih ilmu nya..

    ReplyDelete
  59. Ayah klo utk mobil kuda sm y, rpm jg g' gerak tp sy bongkar g' ada elko yg gosong atau gelembung, terus coil yg negatif itu letaknya dmna

    ReplyDelete
  60. Mantap, RPM Greco Sy Normal kembali ,trims infonya Ayah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah , ikut senang jika blog ini bermanfaat

      Delete
  61. waah...nemu blog ini. kebetulan lagi rusak rpm nya. mudah2an bisa dibenerin sesuai cara tersebut dia atas....
    makasih banyak atas infonya.....

    ReplyDelete
  62. Numpang tanya.Elco yang lama mau di ganti tapi kutub positif dan negatifnya nggak jelas..biar nggak salah pasang bedainnya gimana ya

    ReplyDelete
  63. Terima Kasih banyak Yah, dengan modal Rp10.600,- akhirnya RPM yang Mati bisa Nyala kembali dan Normal. 2 buah Elconya cuma Rp600,-. Plus ongkos buat Tukang Servis elektronik Rp10.000,-. Saya bawa dan suruh gantiin elco ke tukang Servis Elektronik karena takut kebakar circuitnya kalo Soldier sendiri, hehehe... Terima Kasih banyak Yah, page ini sangat membantu.

    ReplyDelete
  64. Maaf minta bantuannya Pak..mobil saya kijang grand extra,jarum rpmnya mati..stlh sy baca artikel ini sy pun coba perbaiki sendiri..,tdinya ga gerak sama sekali,sekarang udh bs gerak,tp hanya bisa gerak di saat posisi kunci kontaK ON...itupun geraknya terbalik..kontak on jarum posisi 1000rpm,begitu distarter malah turun ke 0,.,dan gak gerak lagi...kira2 apanya yg salah ya Pak?

    ReplyDelete
  65. Sampai sekarang kalu kontak di off kan jarum selalu kembali ke 1000rpm,begitu distarter jarum ke 0 rpm....mohon bantannya ya PAK...TERIMA KASIH BANYAK...

    ReplyDelete
  66. Oh iya..ada r nya yg gosong..tp mau ganti ngga tau ukuranya...gelang warnanya sdh gosong..jd nggak keihatan..solusinya gmna ya pak?

    ReplyDelete
  67. Sdh saya praktekan, berhasil 100% rpm normal, izin saya buatkan video di youtube buat teman teman yang mungkin kurang mengerti
    .
    .cek di.
    .
    https://www.youtube.com/watch?v=j44xdhFCoyE

    ReplyDelete
  68. Mantap ayah , tips nya solusi nya buat semua yg punya starlet

    ReplyDelete
  69. Alhamdulilah setelah saya coba dengan cara ayah hebat,,sekarang rpm starlet saya gak loyo lg,,

    ReplyDelete
  70. Mau nanya lagi gan,,starlet saya kalau AC NYALA pas jalan mesin mati2 mulu kira2 kendala nya apa ya??boleh minta saran ,,apa yg harus di betulin/di servis??tks

    ReplyDelete
  71. Mau tanya ahh mumpung masih disini , pak rpm saya mati , setelah saya telusuri kabel dr rpm ternyata kearah mesin . Disiti ada 2 kabel dr rpm warna coklat dan hitam yg telah diputus oleh pemilik lama . Bekas putus/potongan nya dekat2 kabel tsb tidak ada , jadi bingung dah saya , hrs disambung kemana . Pertanyaanya , kalau mbl disel kan tdk ada koilnya pak , terus disambung kmn ya. Trimakasih pak jawabanya .

    ReplyDelete
  72. Wah kalau hrs kembali ke blog sini lg gmn ya .hrs buka apalagi nih .maklum ga pinter pencet2 hp

    ReplyDelete
  73. Terima kasih ayah hebat.. galant vr saya jyga ikut sembuh

    ReplyDelete
  74. Numpang tanya bos...kijang kapsul disel saya kli di kontak rpm mlh bergerak turun...trus kli di gas diem aj..apnya ygrusak bos

    ReplyDelete
  75. Coba bongkar dulu boardnya trus fotokan komponen elektroniknya. Sebulan lalu saya berhasil "ereksikan" Rpm milik Grand extra

    ReplyDelete
  76. bisa diterapin ke kijang grand kira bosku??

    ReplyDelete