Tuesday 24 May 2011

Water Pump berisik

Kembali saya diusik oleh suara aneh berasal dari kap mesin. suara sret..sret..sret begitu dominan ketika mesin dihidupkan. saya langsung buka kap mesin tersebut unt segera mengetahui berasal dari bagian mana suara itu timbul. setelah 10 menit saya pasang pendengaran  dengan seksama hanya dapat mengetahui bahwa suara tersebut berasal dari bagian belt mesin 2E . hasil ini masih apriori  karena dalam rangkain belt tersebut memutar 4 komponen pulley yaitu Alternator (dinamo Ampere), Water pump, AC,dan Power steering.  bagian tersulitnya adalah memilih 1 diantara 4 komponen tersebut yg menjadi sumber  suara tidak normal.

Saya langsung teringat sebuah tools hebat dan sederhana yg dipakai mertua saya  saat mendiagnosa kerusakan sebuah mesin diesel. Alat tersebut adalah sebuah lembaran kertas karton (kadang juga koran) yg digulung menyerupai kerucut dimana lubang yg lebih kecil ditempelkan ke telinga dan lubang diujung lainnya yg lebih besar diarahkan ke bagian mesin yg dicurigai bersuara aneh.

dengan metode seperti diatas saya menyimpulkan bahwa suara aneh sret..sret..sret tersebut berasal dari water pump yg kemungkinan bearingnya mengalami masalah. Mesin kemudian  saya matikan dan lsg menuju ke water pump dengan melepas beltnya terlebih dahulu. ketika pulley WP tersebut saya putar pakai tangan terasa agak seret . kesimpulan saya tidak salah lagi bahwa ada masalah dg bearing water pump saya dan ganti saja pasti lsg beres.
Dasar pemikiran ekonomis muncul lagi disaat tanya harga WP Rp.350.000,-......oh no....jangan sekarang pikir saya. kembali saya oglak-aglik pulley WP tadi dan ditambah dengan sedikit getok dg gagang palu hasilnya adalah WP masih dalam kondisi baik tidak kocak (oblak) dan ini berarti grease didalam WP tersebut sudah kering terkena panas mesin.


Perlengkapan ludruk dikeluarkan lagi,kali ini tidak selengkap sebelumnya. saya ambil penetrant (RP7/WD40) dan semprot lsg kelubang yg tampak digambar atas sampai meluap dan ulangi sampai 3 kali. Kemudian mesin saya nyalakan dengan sebelumnya kembali measang belt yg sengaja dilepas tadi dan terasa suara berisik sret..sret..sret yg sebelumnya terdengar walau kap ditutup sekarang dg kap terbukan sudah berkurang 80%. kembali saya ambil "stetoscope" koran dan dekatkan ke WP tersebut,kali ini masih terdengar walaupun agak halus.saya biarkan mesin menyala 5 menit kedepan dan kemudian saya matikan setelahnya. kali ini saya ambil semprotan pelumas khusus bedil gun lubricant merk ammo pemberian anggota AL yg masih aktif lsg saya semprotkan 3 kali kelubang yg sama diWP.
setelah 5 menit baru mesin saya nyalakan lagi  dan suara sret..sret..sret sudah sangat jauh berkurang walaupun pake stetoscope koran.

Salam irit dan ekonomis buat anda sebagai ayah yg hebat.

8 comments:

  1. Mm jos.... Pengalamannya dan sangat2 membantu bgt, makasih pk

    ReplyDelete
  2. Mm jos.... Pengalamannya dan sangat2 membantu bgt, makasih pk

    ReplyDelete
  3. info bagus tapi sayangnya lokasi water pump gak ketemu..

    ReplyDelete
  4. Suara mendengung apa water pump apa dinamo pengisian

    ReplyDelete
  5. berarti seluruh WP ada lobang u/ pengisian oli itu ya gan...tdk prlu mencopot WP gitu

    ReplyDelete
  6. Water pump sy dl jg bersuara srek2 setelah ganti baru luar biasa mesinnya jadi alus banget suaranya 👍

    ReplyDelete