Wednesday 25 May 2011

Bantingan Pintu Keras, ini solusinya.

Masih dengan mobil yg sama sigesit irit "STARLET".

Setelah problem-problem sebelumnya dg prioritas yg lebih tinggi pelan-pelan mulai teratasi,saatnya untuk mengatasi problem dg prioritas dibawahnya unt segera diperbaiki juga.
Pintu depan kanan bagian driver setiap mobil dipastikan akan lebih cepat mengalami kendala dibanding dengan pintu-pintu mobil lainnya. Jelas,karena dibagian pintu ini paling sering buka-tutup dibanding pintu lainnya.
Begitu juga dengan sigesit irit ini,pintu bagian supir butuh upaya khusus jika ingin menutup dengan rapat dan renyah.

dan untuk membuat pintu mobil menutup dg suara lembut dan rapat tidak disertai suara brtakkk saat membanting pintu adalah penggantian doorlock Assy. perangkat inilah yg umumnya mengalami kerusakan yg menyebabkan lock unitnya beradu antara besi dengan besi door striker karena lapisan karet dampernya sudah pecah/koyak.


                                    Gb.1 posisi doorlock didlm dinding pintu terikat 3 baut.


                              gb.2. doorlock Assy+protector starlet stlh dikeluarkan


                           gb.3 doorlock Assy starlet ori (atas) , kijang super (bawah)


 dikarenakan replacement part doorlock Assy agak susah didapat dan harganya cukup mahal,maka pilihan ahirnya jatuh ke doorlock assy milik kijang. terlihat digb.3 bahwa doorlock assy starlet sangat identik dengan doorlock Assy kijang dan yg membedakan keduanya adalah tuas pembuka doorlock (handel pintu) yg berkebalikan. dan ini bukan masalah besar ..........butuh penyesuaian sedikit.

                                             Gb.4 memotong satu sisi handle doorlock yg lama

gambar diatas adalah cara untuk melepas  tuas handle yg ori unt dipindahkan ke doorlock kijang yg baru yaitu dengan memotong satu sisi dan membengkokan keatas agar terlepas dari doorlock assy.

                                        Gb.5 tuas handle siap dipindahkan


setelah terlepas spt gb.5 ,maka tuas yg lama dapat dipindahkan ke doorlock yg baru dg sebelumnya juga melepas tuas didoorlock baru dengan cara yg sama.

Stelah Tuas selesai dipindahkan ,maka pasang kembali doorlock kijang super yg baru ke dalam pintu dengan  cara kebalikan dari cara melepas doorlock assy sebelumnya.

bplep....bleppp....blep...begitulah bunyinya jika sudah dilakukan penggantian doorlock.


Dilarang Takut unt mencoba,
Salam hebat unt Anda ayah-ayah yg hebat. 

NB: doorlock Assy kijang yg diatas adalah KW bukan Ori dg harga Rp.37.500,- disurabaya.meskipun demikian hasilnya lumayan bagus. akan tetapi jika pembaca ingin membuat hasil yg memuaskan bisa menggunakan doorlock  starlet Ori ataupun doorlock kijang super yg Ori. 

17 comments:

  1. Part Kijang Supernya untuk kijang tahun berapa ya pak??

    ReplyDelete
  2. untuk semua kijang sama asal jng punya INNOVA aja. kebetulan yg saya beli punya KF-40.
    semoga membantu

    ReplyDelete
  3. wah mantap sharingnya, kebetulan saya juga pemakai starko. dan pintu2 habis di cat total kmrn nutup jg gak enak hrs dibanting. dah distel2 tetep aja. apa krn karet2 nya baru (imitasi) atau doorlooknya ya?

    ReplyDelete
  4. permasalahanku pada kuncinya om,gak mau ngonci otomatis,seolah tersangkut gak mau balik lagi,udah coba bongkar sendiri,terkendala gak bisa ngeluarin doorlock assynya dari pintu.

    ReplyDelete
  5. coba lagi mas,gampang kok bongkar dooelock assy. mungkin yg agak sulit buka pin plastik pengaitnya. semangat

    ReplyDelete
  6. Kalau ga bisa kebuka...
    Gimana mengatasinya...?

    ReplyDelete
  7. ini persis yg saya alami sekarang..tp td nanya2 ke toko spre part mnta diganti sama kijang katanya beda.padahal sy bawa contohnya....jdi bingung

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Keren...
    Sebagai sesama penggemar starlet

    ReplyDelete
  10. Keren...
    Sebagai sesama penggemar starlet

    ReplyDelete
  11. Siiiip.....
    Kalaou untuk panther LS bisa...? trim

    ReplyDelete
  12. Untuk Starlet kapsul sama gak pak?

    ReplyDelete
  13. skali lagi trimakasih om ya untuk kedua kalinya ..setelah saya berhasil jg memperbaiki RPM starlet saya yg lemah jadi normal .. saya jg berhasil modif door lock pintu supir dengan kanibal milik kijang , sesuai dengan saran dari om.... skarang pintu supir jadi normal kagak bunyi seperti dulu ngagetin orang sekampung ...hehheeh trimakasih banyak om atas ilmu ilmu nya...

    ReplyDelete
  14. mas doorlock bagasi yg atas rusak apa yg cocok buat starkap saya

    ReplyDelete
  15. Klo door lock buat starlet kapsul 95 central lock/power window,bisa pake doorlock mobil apa y bos??mohon pencerahnny..

    ReplyDelete
  16. Starlet sy bermasalah dengan door lock pintu depan kiri.

    ReplyDelete