Monday 1 April 2013

Starter Relay STARLET



 setelah 3 tahun STARLET angkatan 91 saya miliki dan pelan-pelan "bisa saya perbaiki sendiri" dan juga tidak lupa sempat juga bawa ke bengkel otomotif unt masalah engine,kini muncul masalah baru yaitu mobil tidak bisa start kalau mesin dalam kondisi panas.  Dinamo starter cuman respon cetek-cetek aja tanpa berputar. Akan tetapi kalau kondisi mesin tidak panas bahkan kondisi cold setelah terparkir selama 3 hari malah mesin lebih gampang nyala.
Kesimpulannya tidak ada masalah sama mesin,pengapian bahkan dengan ACCU (walaupun umurnya lebih dari 3 tahun pake GS Premium).
Setelah didiskusikan dengan tetangga bengkel dynamo saya malah disuruh bongkar sendiri tuh dynamo starter.
Selanjutnya tantangan saya terima J….bukan maksud sombong tapi memang tetangga saya itu secara tdk lsg “mendidik”saya unt lebih berani .
Peralatan ludruk pun saya keluarkan semua,lengkap!!!! .solder 75 Watt, rachet (kunci shock) Craftsman, kunci ring Fukung warisan mertua (asli),palu,obeng ,kabel secukupnya . dan pembedahan dynamo starter dilakukan.



  

Yang dilakukan diatas adalah :

Setelah dynamo starter Assy terlepas dari engine,
  1. ganti bostel (arang) 4 psc dg baru
  2. Gosok dg ampelas rotor armature
  3. bersihkan dan grease ulang gigi bendixnya

setelah proses diatas dilakukan  lsg saya pasang lagi dan sempat berjalan 2 bulan tanpa masalah,sampai akhirnya masalah timbul kembali. Yg paling mengesalkan adalah ketika isi bensin diSPBU mesin dimatikan dan setelah selesai isi,mesin tdk bisa start. Dinamo kembali susah start dan bunyi cetek-cetek  aja  dan baru bisa start kalau sudah 10 menit didinginkan lsg jreng…..

setelah dianalisa secara seksama ternyata saat kondisi mesin panas tegangan DC distarter turun 1 Volt dibanding saat dingin. Ini berarti ada koneksi kabel starter dari kunci kontak yg kurang bagus. Mau urut kabel kontak lagi kayaknya Efort yg dikeluarkan cukup besar. Akhirnya saya “menyerah” dan lebih memilih jalan singkat dan efektif yaitu pasang relay. Dengan pasang relay ini berarti kabel solenoid starter diambil dari accu lsg dengan control relay tersebut . lsg saja:

   















Perakitan relay


















wiring Relay
















pemasangan relay.

Setelah proses diatas selesai dan sebulan saya trial, sudah tidak ada masalah lagi dengan dinamo starter yg dulunya bermasalah saat start motor starter enggan berputar.


Salam Ayah-Hebat. 

4 comments:

  1. Berapa ya mas Andri harga bostel / arang dinamo starlet? Pny sy jg udh mulai cetak cetek starternya, bisa substitusi gk?

    ReplyDelete
  2. Lupa saya hargane, kalau gak salah 25rb .tinggal bawa contohnya ke bengkel

    ReplyDelete
  3. Warna kabel triger apa yang mas,soalnya punya saya udh ruet kabelnya...

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete